Blog Coretan Lengkap adalah blog yang memberikan materi dasar untuk siswa atau siswi jurusan teknik komputer dan jaringan agar memudahkan mereka untuk memahami yang ada di jurusan mereka serta membantu masyarakat yang ingin mengenal serta mendalami taknik komputer dan jaringan tanpa harus sekolah dan kuliah

Breaking

Thursday, February 22, 2018

Perangkat Input

A.    Perangkat Input
Perangkat input komputer ( perangkat masukan ) adalah perangkat yang di gunakan untuk memasukan data – data dan memberikan suatu perintah pada komputer untuk di proses lebih lanjut. Beberapa perangkat input pada komputer:
1.      Keyboard
Keyboard merupakan perangkat yang sangat penting dalam komputer yang berfungsi untuk memasukkan huruf, angka, tanda baca dan karakter khusus bagi pengguna ( user ). Selain itu keyboard juga berguna untuk melakukan perintah seperti membuka file dan menyimpan file, keyboard diciptakan dari model mesin ketik yang telah di patenkan  oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan di produksi pada tahun 1887 oleh perusahan Remington. Keyboard yang kita gunakan sekarang adalah keyboard jenis QWERTY kenapa bukan jenis yang lain karena keyboard jenis ini sudah standar ISO ( International Standar Organization ) yang telah di resmikan pada thun 1973, dengan berbagai jenis port seperti usb, wireless, ps2 dan serial.

2.      Mouse
Muuse merupakan perangkat masukan pada komputer yang berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor pada komputer, mouse adalah salah satu prangkat yang memudahkan pengguna untuk memasukkan perintah setelah berkembangnya sistem operasi berbasis GUI ( Graphical User Interface ), mouse terdiri dengan berbagai jenis port seperti usb, wireless, ps2 dan serial.

3.      Touchpad
Touchpad merupakan perangkat masukan pada komputer yang di gunakan untuk memindahkan pointer pada layar laptop, perangkat ini mempunyai fungsi yang sama seperti mouse tetapi tidak tersendiri melainkan menempl atau satu perangkat dengan laptop.

4.      Light Pen
Light Pen merupakan perangkat yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar di layar monitor yang mengirimkan cahaya elektronik yang diterima oleh monitor dengan merekam sinyal setiap baris perdetik.

5.      Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini digunakan sebagai alat bantu untuk bermain game di laptop atau komputer dengan dilengkapi tombol yang akan mengatur gerkan suatu objek dalam komputer joy stick biasanya berbentuk seperti tongkat sedangkan games paddle berbentuk kotak dengan bahan dasar plastik.

6.      Barcode
Barcode adlah alat yang digunakan untuk membaca suatu kode dalam bentuk kotak – kotak atau garis tebal fertikal yang diterjemahkan dalam bentuk angka biasanya berada pada produk makanan, minuman, buku dan alat elektronik yang dijual di toko atau swalayan.

7.      Scaner
Scaner merupakan perangkat masukan komputer yang digunakan untuk menyalin gambar atau teks kemudian di simpan di dalam memori komputer lalu di simpan di hardisk, intinya scaner sama seperti mesin fotocopy perbedaannya adalah jika mesin fotocopy hasil scannya langsung berbentuk kertas sedangkan scaner dapat dilihat atau di edit dahulu di monitor.

8.      Microfon
Microfon merupakan perangakat yang digunakan untuk merekam atau memasukkan suara yang akan di simpan di memori komputer atau intuk mendengarkan suara.

No comments:

Post a Comment