A.
Perangkat Input
Perangkat input komputer ( perangkat masukan )
adalah perangkat yang di gunakan untuk memasukan data – data dan memberikan
suatu perintah pada komputer untuk di proses lebih lanjut. Beberapa perangkat
input pada komputer:
1.
Keyboard
Keyboard
merupakan perangkat yang sangat penting dalam komputer yang berfungsi untuk
memasukkan huruf, angka, tanda baca dan karakter khusus bagi pengguna ( user ).
Selain itu keyboard juga berguna untuk melakukan perintah seperti membuka file
dan menyimpan file, keyboard diciptakan dari model mesin ketik yang telah di
patenkan oleh Christopher Latham pada
tahun 1868 dan di produksi pada tahun 1887 oleh perusahan Remington. Keyboard
yang kita gunakan sekarang adalah keyboard jenis QWERTY kenapa bukan jenis yang
lain karena keyboard jenis ini sudah standar ISO ( International
Standar Organization ) yang telah di
resmikan pada thun 1973, dengan berbagai jenis port seperti usb, wireless, ps2
dan serial.
2.
Mouse
Muuse
merupakan perangkat masukan pada komputer yang berfungsi untuk memindahkan
pointer atau kursor pada komputer, mouse adalah salah satu prangkat yang
memudahkan pengguna untuk memasukkan perintah setelah berkembangnya sistem
operasi berbasis GUI ( Graphical
User Interface ), mouse terdiri dengan
berbagai jenis port seperti usb, wireless, ps2 dan serial.
3. Touchpad
Touchpad
merupakan perangkat masukan pada komputer yang di gunakan untuk memindahkan
pointer pada layar laptop, perangkat ini mempunyai fungsi yang sama seperti
mouse tetapi tidak tersendiri melainkan menempl atau satu perangkat dengan
laptop.
4. Light Pen
Light
Pen merupakan perangkat yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar
di layar monitor yang mengirimkan cahaya elektronik yang diterima oleh monitor
dengan merekam sinyal setiap baris perdetik.
5. Joy Stick dan Games Paddle
Alat
ini digunakan sebagai alat bantu untuk bermain game di laptop atau komputer
dengan dilengkapi tombol yang akan mengatur gerkan suatu objek dalam komputer
joy stick biasanya berbentuk seperti tongkat sedangkan games paddle berbentuk
kotak dengan bahan dasar plastik.
6. Barcode
Barcode
adlah alat yang digunakan untuk membaca suatu kode dalam bentuk kotak – kotak
atau garis tebal fertikal yang diterjemahkan dalam bentuk angka biasanya berada
pada produk makanan, minuman, buku dan alat elektronik yang dijual di toko atau
swalayan.
7. Scaner
Scaner
merupakan perangkat masukan komputer yang digunakan untuk menyalin gambar atau
teks kemudian di simpan di dalam memori komputer lalu di simpan di hardisk,
intinya scaner sama seperti mesin fotocopy perbedaannya adalah jika mesin
fotocopy hasil scannya langsung berbentuk kertas sedangkan scaner dapat dilihat
atau di edit dahulu di monitor.
8.
Microfon
Microfon merupakan perangakat yang digunakan
untuk merekam atau memasukkan suara yang akan di simpan di memori komputer atau
intuk mendengarkan suara.
No comments:
Post a Comment